Catatan Fasil GP Supyanto (1)




Program Merrdeka Belajar (Mulai Dari Diri)
Oleh Supyanto

 
Hari ini adalah hari pertama untuk belajar modul 2 dengan guru-guru yang hebat dalam Program Guru Penggerak. 

Dimana setelah selama tiga bulan teman-teman telah dapat menyelesaikan modul 1. Saya senang sekali bisa berbagi dengan teman-teman meski hanya mendampingi mereka.

Program Guru Penggerak merupakan episode kelima dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar, yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan dijalankan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK). 

Program Guru Penggerak ini bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan Indonesia masa depan, yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif  dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Untuk mendukung tercapainya tujuan itu, Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) dijalankan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai perkembangan murid, dan kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah. 

Di dalam proses pelaksanaan PPGP, Calon Guru Penggerak (CGP) akan sering diajak untuk merefleksikan praktik pembelajaran yang sudah dijalankan serta berdiskusi dan berkolaborasi dengan sesama CGP maupun komunitas di sekitarnya. 

Keseluruhan pengalaman belajar itu diramu dalam siklus MERRDEKA, yang diawali dengan Mulai dari Diri, lalu dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep; Ruang Kolaborasi; Refleksi Terbimbing; Demonstrasi Kontekstual; Elaborasi Pemahaman; Koneksi Antarmateri; dan ditutup dengan Aksi Nyata. 

Itulah pengantar yang ada dalam modul 2 guru penggerak, yang disampaikan oleh Bapak Dirjen GTK Bapak Dr. Iwan Syahril. 

Kegiatan CGP hari ini diawali dengan membaca surat dari instruktur, yang bunyinya sebagai berikut:

Surat dari Instruktur
 
Selamat Datang di Modul Pembelajaran Berdiferensiasi Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP).
 
Selamat! Karena Anda telah bersedia menginvestasikan waktu untuk terlibat dalam sebuah perjalanan belajar yang memiliki tujuan mulia di akhirnya. 

Tujuan itu adalah menciptakan lingkungan belajar yang memanusiakan setiap murid di kelas Anda serta memberikan mereka dukungan dan kesempatan sebaik-baiknya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.
 
Kami yakin, kita semua mempercayai bahwa anak lahir dengan keunikannya masing-masing. 

Sebagai pendidik, kita memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dengan cara terbaik yang sesuai untuk mereka. 

Lewat praktek pembelajaran berdiferensiasi, murid tidak hanya akan dapat memaksimalkan potensi mereka, tapi mereka juga akan dapat belajar tentang berbagai nilai-nilai kehidupan yang penting. 

Nilai-nilai tentang indahnya perbedaan, menghargai, makna baru dari kesuksesan, kekuatan diri, kesempatan yang setara, kemerdekaan belajar, dan berbagai nilai penting lainnya yang akan berkontribusi terhadap perkembangan diri mereka secara lebih holistik/utuh. 

Oleh karena itu, penting untuk para pendidik mengetahui bagaimana proses pembelajaran berdiferensiasi ini dapat dilakukan, dengan cara-cara yang memungkinkan guru untuk dapat mengelolanya secara efektif.
 
Modul ini merupakan bagian dari paket modul 2 dan juga merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pelatihan daring yang akan mencakup kegiatan belajar mandiri, sesi diskusi, tanya jawab dan konsultasi secara daring dengan para fasilitator yang telah ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Oleh karenanya, modul ini sebaiknya digunakan secara simultan dengan kegiatan-kegiatan tersebut.

Modul ini disusun sedemikian rupa dimana di akhir setiap pembahasan akan diberikan pertanyaan refleksi atau tugas mandiri yang diharapkan akan membantu Anda mengkonsolidasikan pemahaman Anda. 

Kami juga ingin mengingatkan bahwa karena belajar sifatnya adalah personal, maka proses ini hanya akan bermakna jika Anda dapat membuat koneksi dan menerapkannya dalam berbagai konteks pemecahan masalah yang Anda hadapi sehari-hari. 

Kami telah berusaha untuk memastikan bahwa berbagai strategi yang kami sarankan dalam modul ini dapat diterapkan dalam berbagai konteks, namun demikian, kreativitas dan pemahaman akan kebutuhan masing-masing kondisi kelas yang berbeda tetap dituntut dari Anda.
 
Semoga setiap menit yang dihabiskan dalam perjalanan belajar ini akan membantu Anda menjadi versi diri Anda yang lebih baik dari hari ke hari, terutama dalam peranan Anda sebagai pendidik.
 
Sekali lagi, selamat belajar dan mengeksplorasi materi yang diberikan dalam modul ini. Semoga Anda mendapatkan banyak momen AHA di sepanjang prosesnya dan menjadi Guru Penggerak yang dapat membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.
 
Peserta juga diingatkan kembali tentang menggunakan alur belajar yang disingkat dengan MERRDEKA. Alur MERRDEKA dalam modul ini terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:

Mulai dari diri:
(a) Melakukan refleksi tentang bagaimana CGP menerapkan pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan murid.
(b) Mengidentifikasi harapan dan ekspektasi tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Eksplorasi Konsep:
(a) Mengeksplorasi pengertian pembelajaran berdiferensiasi dan    mengapa pembelajaran berdiferensiasi diperlukan, berikut teori-    teori yang mendasari.
(b) Mengeksplorasi cara memetakan kebutuhan belajar murid
(c) Mengeksplorasi cara mengakomodasi kebutuhan belajar murid melalui 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi (yaitu:              diferensiasi konten, proses, dan produk).
(d) Mendiskusikan contoh - contoh praktek terbaik (best practices) pembelajaran berdiferensiasi melalui eksplorasi berbagai kasus    pembelajaran yang banyak ditemui dalam praktek pembelajaran    sehari - hari di kelas/sekolah.

Ruang Kolaborasi:
Melakukan kerja kelompok untuk menganalisis kasus yang beragam dan memberikan solusi melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam bentuk rencana pembelajaran.

Refleksi Terbimbing:
Melalui proses diskusi bersama fasilitator yang dilakukan langsung secara virtual, CGP akan mengambil makna dari pengalaman selama proses pembelajaran. Kemudian melakukan refleksi dalam berbagai cara dan media untuk mengidentifikasi apa yang menarik, apa yang mengejutkan, dan paradigma apa yang berubah.

Demonstrasi Kontekstual:
Melakukan perencanaan dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi melalui proses peer teaching.

Elaborasi Pemahaman:
Mengelaborasi pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan melihat pada pertanyaan ini:
(a) Apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
(b) Apa yang masih meresahkan dan membingungkan?

Koneksi Antarmateri:
Membuat koneksi antarmateri yang telah dipelajari untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.

Aksi Nyata:
Menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari untuk membuat rencana, mengimplementasikan dan melakukan refleksi pembelajaran berdiferensiasi dan kemudian mendokumentasikan proses tersebut dalam moda yang dapat dipilih sendiri.

Kegiatan berikutnya adalah mulai dari diri dengan diawali pertanyaan pemantik. 
Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran 1:
1. Apa yang telah saya ketahui tentang pembelajaran                    berdiferensiasi?
2. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?


Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di Sesi
yang Pertama!  Dalam sesi ini, Anda akan mengaktivasi pengetahuan yang telah Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin Anda ketahui lebih lanjut.


Kegiatan dilanjutkan dengan CGP melaksanakan tugas yaitu:

Tugas 1:
Silakan klik tautan di bawah ini untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi. Jangan khawatir apabila Anda merasa belum banyak mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat diagnostik dan bukan dimaksudkan untuk membuat penilaian akhir terhadap Anda.
 
Dalam tautan tersebut, kami juga akan meminta Anda untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.
 
Penting sekali untuk menyelesaikan tugas ini tepat waktu agar instruktur atau fasilitator pelatihan ini dapat menyesuaikan konten ajar mereka dengan tepat, sesuai dengan kebutuhan Anda. 
 
Tugas ini harus diselesaikan sebelum hari dan tanggal yang tercantum di LMS. Respon Tugas 1 Survey Pembelajaran Berdiferensiasi  dan mempelajari video tentang pembelajaran berdiferesnsiasi dengan link: https://youtu.be/M-UJ8aQaDvA.


Selamat berefleksi, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!

Peran saya sebagai fasilitator adalah:
1. Memastikan semua CGP menyelesaikan tugas 1 survey pembelajaran berdiferensiasi.
2. Menganalisis jawaban-jawaban CGP untuk mengetahui sejauh mana pemahaman awal CGP tentang pembelajaran berdiferensiasi..

Alhamdulillah tugas hari bisa saya lakukan dengan senang hati. Semoga menambah pundi-pundi amal ibadah meski tidak seberapa

Bekasi, 1 Februari 2020

Supyanto




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Humas Infokom Kwarcab kota Bekasi

CATATAN ASESOR HARI KE 26: AKREDITASI BERMUTU UNTUK PENDIDIKAN BERMUTU

TIRTA Sebagai Model Coaching