Peran Guru Pendamping Akademik

PERAN GURU PENDAMPING AKADEMIK

Oleh : Supyanto

Mulai dari Diri
1. Memastikan setiap CGP memahami kasus yang telah disediakan
2. Memastikan CGP memahami instruksi tentang bagaimana menyampaikan tanggapan dari kasus-kasus tersebut
3. Peserta diminta menuliskan lama mengajar untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara lama mengajar dengan tanggapan yang diberikan oleh CGP terhadap permasalahan yang diberikan
4. Ada kecenderungan bahwa tanggapan-tanggapan terhadap suatu kasus atau masalah biasanya berbentuk solusi dan nasehat. Fasilitator hendaknya tetap membiarkan tanggapan tersebut dan tidak perlu mengarahkan tanggapan agar sesuai dengan konsep coaching. Tanggapan-tanggapan tersebut dapat menjadi pijakan bagi fasilitator dalam mengembangkan pembelajaran pada modul coaching ini.

Eksplorasi konsep
2.1. Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan
1. Memastikan CGP mengakses secara mandiri materi mengenai konsep coaching dalam konteks pendidikan dengan baik
2. Memastikan CGP mengerjakan semua tugas dalam bagian ini sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan
3. Memastikan CGP memahami materi bagian ini
2.2. Komunikasi yang Memberdayakan
1. Memastikan setiap CGP memahami aspek komunikasi yang memberdayakan
2. Memastikan CGP memahami instruksi tugas agar respon dapat terkumpul dengan baik lewat tautan yang disediakan
3. Memastikan CGP dapat membuat pertanyaan yang efektif
2.3. TIRTA Sebagai Model Coaching
1. Memastikan CGP memahami langkah-langkah dalam model TIRTA
2. Memastikan CGP mengerjakan tugas dalam bagian ini
2.4. Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi) Konsep Coaching, Komunikasi yang Memberdayakan, dan Model Coaching
1. Memastikan CGP membaca pertanyaan reflektif dan merenungi pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai pengantar CGP dalam mengakses video.
2. Memastikan CGP mengakses video mengenai coaching model TIRTA.
3. Meminta CGP menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan video.
4. Menanggapi jawaban yang ditulis oleh CGP.
5. Meminta CGP menanggapi jawaban dari CGP lain.
6. memberikan penguatan mengenai langkah-langkah dalam coaching model TIRTA. 

Ruang kolaborasi
1. Membentuk Komunitas Praktisi yang terdiri dari 3 orang CGP
2. Memastikan CGP memahami instruksi pada sesi ini
3. Memastikan CGP memahami kasus untuk dipraktekkan
4. Mengingatkan CGP agar berlatih melakukan praktik coaching mengenai kasus-kqasus tersebut dengan sungguh-sungguh berdasarkan coaching model TIRTA
1. Fasilitator melakukan review terhadap pemahaman CGP mengenai konsep Coaching, Komunikasi yang memberdayakan, dan coaching model TIRTA pada saat VICON sebelum memasuki praktek coaching 
2. Memastikan CGP telah berlatih mempraktikkan kasus-kasus yang telah disediakan pada sesi sebelumnya
3. Memastikan CGP merekam sesi praktiknya dalam breakoutroom
4. Mengingatkan CGP memahami panduan penilaian praktik
5. Menyampaikan kepada CGP bahwa praktik akan dinilai berdasarkan panduan penilaian praktik
6. Menilai praktik coaching berdasarkan rubrik penilaian praktik

Refleksi Terbimbing
1. memastikan CGP menyampaikan refleksi dengan menjawab pertanyaan panduan refleksi yang telah disediakan
2. memastikan CGP menyampaikan kendala atau masalah yang mereka hadapi ketika membentuk komunitas praktisi
3. menanggapi refleksi yang disampaikan CGP

Demonstrasi kontekstual
1. Memastikan CGP memahami instruksi kegiatan demonstrasi ini dengan baik
2. Memastikan CGP tidak terkendala dalam pelaksanaan praktik coaching
3. Menilai praktik CGP dengan menggunakan rubrik penilaian terlampir

Elaborasi pemahaman
1. Instruktur menayangkan contoh video praktik yang dibuat oleh CGP
2. Instruktur memimpin diskusi mengenai tanggapan mengenai video
3. Instruktur menyampaikan materi tambahan tentang Cognitive Coaching, yaitu satu model coaching pada konteks pendidikan. Perlu disampaikan bahwa langkah-langkah dalam model coaching TIRTA adalah bagian planning atau perencanaan dari cognitive coaching.
4. Instruktur menguatkan hasil diskusi
 
Koneksi antar materi
1. Memastikan CGP membuat tugas mengenai koneksi antarmateri ini dengan materi sebelumnya pada modul 2 atau modul 1 dan modul 3
2. Memastikan CGP mengirimkan tautan tugasnya.
3. Memberikan umpan balik untuk rancangan aksi nyata CGP

Aksi nyata
Pengecekan portofolio oleh fasilitator


Bekasi,  13 Maret 2021
Salam Blogger

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Praktik Coaching

Praktik Coaching

Pembentukan Komunitas Praktisi untuk Melakukan Praktik Coaching (2)